KPU Road Show Ke PPK

Sejak hari senin 14 Juli 2008 Ketua dan Anggota KPU Kota Bengkulu melakukan kegiatan road show untuk memastikan kesiapan PPK & PPS dalam pernyelenggaraan Pemilu Legislatif Tahun 2009 di Kota Bengkulu. Kunjungan pertama diawali dari PPK Muara Bangkahulu, Sungai Serut, Ratu Agung & terakhir Ratu Samban. Dalam dialog antara KPU Kota dan PPK ditemukan berbagai kendala berkaitan dengan pemutakhiran data di tingkat PPS. Belum ada satu pun PPS yang telah membentuk PPDP atau Petugas Pemutakhiran Data Pemilu se-Kota Bengkulu. Padahal beradasarkan jadwal yang ditetapkan KPU melalu Peraturan KPU No 20 Tahun 2008, pada tanggal 7 Juli 2008 pemutakhiran data sudah selesai dan selanjutnya dilakukan penyusunan daftar pemilih sementara oleh PPS pada tanggal 20 Juli 2008. Persoalan lain adalah belum terbentuknya Sekretaris PPK yang diharapkan dapat menyangga PPK dalam hal administrasi penyelenggaraan tugas-tugas kepemiluan.

Berkaitan dengan identifikasi masalah itulah, KPU Kota Bengkulu kembali melanjutkan road show ke PPK Kampung Melayu, Selebar dan terakhir di Gading Cempaka. Dari berbagai masukan, akhirnya KPU Kota mengeluarkan surat edaran sebabagi berikut:

SURAT EDARANNomor: /KPU-KOTA/VII/2008

TENTANG : Pelaksanaan Tahapan Pemutakhiran Data Pemilih untuk Pemilu Legislatif 2009 di Seluruh Wilayah Kota Bengkulu

Sesuai dengan Undang-undang Nomor 10 Tahun 2008 pasal 32 s/d pasal 45 dan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 20 Tahun 2008 perihal Perubahan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 09 tahun 2008 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu Legislatif Tahun 2009, bahwa Pelaksanaan Pemutakhiran Data Pemilih berlangsung pada tanggal 6 April sampai dengan 6 Juni 2008, sedangkan pencocokan dan penelitian data pemilih akan dilaksanakan pada tanggal 7 Juni sampai dengan 20 Juli 2008.

Berkaitan dengan berbagai kendala teknis dan administrasi persiapan penyelenggaraan Pemilu Legislatif 2009 telah terjadi keterlambatan pemutakhiran data di Kota Bengkulu, berkenaan dengan hal tersebut Komisi Pemilihan Umum Kota Bengkulu menyampaikan hal-hal sebagai berikut:

1. Agar seluruh Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) segera menginstruksikan kepada Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) di bawah wilayah kecamatan masing-masing untuk segera menerbitkan SK Pengangkatan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) selambat-lambatnya tanggal 16 Juli 2008 dengan mekanisme sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2008 dan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 7 Tahun 2008,Nomor 9 Tahun 2008 dan Nomor 10 Tahun 2008.

2. Agar seluruh Ketua PPK segera mengajukan calon Sekretaris PPK kepada Walikota melalui Komisi Pemilihan Umum Kota Bengkulu sebagaimana terdapat pada pasal 8 Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 7 Tahun 2008

3. Setelah terbentuknya PPDP agar PPS segera melakukan pemutakhiran data sehingga jadwal pemutakhiran data yang ditetapkan melalui Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 10 tahun 2008 dapat kembali disesuaikan dengan jadwal dan tahapan pemutakhiran data di Kota Bengkulu.

4. Bersamaan dengan pemutakhiran data yang dilakukan oleh PPDP, ketua PPK & Ketua PPS diminta untuk dapat berkoordinasi mensosialisasikan kegiatan dimaksud melalui rumah-rumah ibadah, tempat fasilitas umum dan tempat-tempat yang mudah dijangkau oleh masyarakat luas.

5. Agar PPS dapat mempersiapkan penyusunan dan pengesahan Daftar Pemilih Sementara (DPS) pada tanggal 21 sampai dengan 20 Juli 2008

6. Dalam hal keterbatasan Software dan hardware (komputer) untuk proses input data soft (file) pemutakhiran data, PPS dapat melakukan koordinasi dengan PPK atau Bagian teknis penyelenggaraan KPU Kota Bengkulu.

Demikian Surat Edaran ini dibuat agar dapat dipedomani dan dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab, atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

Ditetapkan di : BENGKULU

Pada tanggal : 14 Juli 2008

KOMISI PEMILIHAN UMUM
KOTA BENGKULU
KETUA,

SALAHUDDIN YAHYA, S.Ag, M.Si

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: