Pemilihan Bupati Bengkulu Selatan Diulang

Mahkamah Konstitusi membatalkan hasil pemilihan bupati Bengkulu Selatan julidan memerintahkan pemungutan suara ulang paling lama setahun sejak putusan itu.

“KPU Bengkulu Selatan harus melaksanakan pemungutan suara ulang yang diikuti seluruh calon, kecuali pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah nomor urut 7, yaitu Dirwan Mahmud dan Hartawan,” kata Mohammad Mahfud MD, saat membacakan putusan sengketa, Kamis(8/1).

Komisi Pemilihan Kabupaten Bengkulu Selatan menetapkan pasangan Dirwan Mahmud dan Hartawan sebagai pemenang pemilihan bupati putaran kedua dengan mendapat 39.069 suara. Sementara pasangan Reskam Effendi dan Rahidin Mersyah hanya mendapat 36.566 suara. Reskam menggugat hasil pemilihan ini ke Mahkamah Konstitusi.

Mahkamah berpendapat Dirwan Mahmud tidak berhak maju dalam pemilihan tersebut karena dia pernah dihukum di Cipinang. Dalam ketentuan Undang-Undang Nomor 32/2004, seseorang yang pernah dihukum di atas lima tahun tidak dapat menjadi calon dalam pemilihan kepala daerah.Sumber, TEMPO Interaktif, Jakarta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: